Info Terbaru 2022

Pengertian Lengkap Wacana Halloween Dan Sarba Serbinya

Pengertian Lengkap Wacana Halloween Dan Sarba Serbinya
Pengertian Lengkap Wacana Halloween Dan Sarba Serbinya

Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya




Halo sobat IBI …


Perayaan yaitu sebuah acara yang dilakukan oleh sebagian orang untuk memperingati sesuatu hal yang penting dan dillakukan pada waktu tertentu. Pada kesempatabn kali ini IBI akan membahas perihal pengertian salah satu perayaan yang sering kita dengar yaitu perayaan hallowen. Bagaimana penjelasannya dan apasaja serba serbi dari perayaan halloween, pribadi saja kita simak berikut ini.




Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya
Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya

Pengartian Halloween


Halloween atau Hallowe’en yaitu tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Halloween berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang bermigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan bawah umur dengan menggunakan kostum angker atau yang menakutkan, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut yaitu semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami atau kami jahili.” Di zaman sekarang, bawah umur biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian bawah umur masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.


Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan sentra perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.




Serba-Serbi Halloween



  • Si Labu : Jack O’ Lantern (Simbol Halloween)


Hantu Labu atau Istilah Jack O` Lantern berasal dari cerita Irlandia perihal seorang yang berjulukan Stingy Jack. Berdasarkan cerita tersebut, Stingy Jack mengundang iblis untuk minum bersamanya. Sesuai dengan namanya Stingy (pelit), Jack tidak mau membayar minuman tersebut. Dia lalu menyuruh iblis untuk merubah dirinya menjadi sebuah koin emas untuk membayar minuman tersebut.


Setelah iblis sepakat dan bermetamorfosis koin, Jack memutuskan untuk menyimpan dalam sakunya bersebelahan dengan salib perak, hal itu menciptakan iblis tidak sanggup kembali ke bentuk aslinya. Jack lalu menciptakan iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama setahun kedepan, dan supaya tidak mengklaim jiwanya ketika ia sudah mati.


Tahun selanjutnya, Jack kembali menipu iblis supaya mau memanjat pohon untuk mengambil buah. Ketika iblis hendak turun, Jack menggambar tanda salib di pohon tersebut hingga risikonya iblis tidak sanggup turun. Jack lalu menciptakan iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama sepuluh tahun kedepan.


Tidak berapa usang lalu Jack meninggal. Karena sifatnya yang buruk, Tuhan melarang Jack masuk surga. Dan lantaran janjinya pada Jack, iblis tidak sanggup memasukkannya ke neraka. Sang iblis lalu melempar Jack pada kegelapan malam bersama dengan arang yang menyala untuk menerangi jalannya. Jack lalu meletakkan arang tersebut kedalam lobak yang telah dipahat dan sejak itu arwahnya berkelana di dunia dengan membawa lentera tersebut.


Orang-orang irlandia lalu mulai menyebut hantu tersebut dengan julukan Jack of the Lantern, dan lalu disingkat menjadi Jack O’Lantern





  •  Trick or Treat dan permen


Di masa dahulu, ketika ekspo Samhain, roh-roh yang tiba menyamar menjadi pengemis ataupun muncul dalam rupa yang tidak sedap dipandang. Mereka akan mengetok rumah dan meminta uang ataupun makanan. Jika mereka pergi dari rumah tersebut dengan tangan kosong, maka si pemilik rumah beresiko mendapat kutukan atau dihantui oleh roh jahat.


Di masa sekarang, tradisi tersebut muncul dalam bentuk kunjungan bawah umur ke rumah orang-orang di lingkungan mereka. Mereka akan berkata trick or treat yang maksudnya yaitu meminta permen dan snack yang ada ketika Halloween. Jika pemilik rumah menentukan treat, maka mereka akan mendapat goodies. Terkadang mereka diminta untuk menyanyikan lagu ‘soul cakes’  sebelum mendapat goodies. Tetapi kalau pemilik rumah tidak memberikan, maka rumah atau pekarangan si pemilik rumah akan diberi ‘peninggalan’ menyerupai beling jendela yang diberi air sabun ataupun trick lainnya. Konon katanya dahulu permen itu dipakai untuk menenangkan roh yang tiba tersebut. Ternyata permen bukan hanya disukai oleh anak-anak, tetapi juga oleh roh-roh.





  • Kostum Seram


Seperti dikatakan di atas bahwa selama Samhain, pembatas antara dunia orang hidup dan orang mati terbuka, maka roh-roh dari orang yang sudah meninggal sanggup berada di tengah manusia. Roh ini sanggup mengganggu orang-orang yang hidup, bahkan membawa roh si orang yang hidup. Oleh alasannya yaitu itu dimulailah penggunaan kostum yang menyeramkan supaya roh yang tiba menganggap si pengguna kostum yaitu temannya dan tidak mengganggu si pengguna kostum.





  • Dekorasi Rumah Hantu


Selesai dengan labu, apa kita sudah sanggup memulai Halloween ? Tunggu dulu, mari kita hias rumah atau halaman kita supaya tampak menyeramkan. Ya, salah satu acara yang wajib dilakukan yaitu mendekorasi rumah, dibawah ini ada beberapa dekorasi keren dan menarik untuk dilihat.





  • Warna Hitam dan Orange


Ciri khas lainnya dari Halloween yaitu dekorasi dengan dominasi warna orange dan hitam. Orange melambangkan selesai dari demam isu panen (saat demam isu gugur rata-rata daun berwarna orange), sedangkan hitam melambangkan kematian.




Demikian yang sanggup IBI sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah IBI sampaikan sanggup bermanfaat dan dapatt dijadikan materi belaajar bahasa inggris dan sanggup menambah pengetaahuan sobat IBI semua.


-Salam Semangat IBI-


Baca juga artikel IBI lainnya di:



Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90